SUKSESKAN PESPARAWI VII TINGKAT PROV. KALBAR DI KOTA SINGKAWANG

Selasa, 22 Oktober 2013

Walikota Pantau Persiapan Pesparawi


By Asep Haryono

SINGKAWANG-Polres Singkawang melibatkan Tim Gegana Brimob B Kota Singkawang melakukan sterilisasi di Stadion Kridasana Kota Singkawang untuk mengantisipasi bom saat berlangsungnya pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) VII Kalimantan Barat, Senin (21/10) malam, di Kota Singkawang. “Antisipasi masalah Bom, kita melaukan sterilasi di Stadion Kridasana, yang melibatkan tim gegana dari Brimob B Kota Singkawang,” kata Kapolres Singkawang, AKBP Andreas Widihandoko melalui Kabag Ops, Kompol Bastian, Senin (21/10) sore.

Dengan peralatan lengkap sejumlah petugas itu melakukan sterilisasi area Kridasana untuk memastikan tidak terjadi ledakan bom saat berlangsungnya even akbar tersebut. Karena itu, perlu dilakukan deteksi dini untuk mencegah teror itu merupakan bagian dari pengamanan Pesparawi VII Kalbar.

Bastian menyebutkan sterilisasi yang dilakukan tim gegana itu tidak hanya pada pintu masuk, tapi hampir pada semua titik termasuk lokasi VIP dan panggung utama. Dengan sterilisasi ini, polisi tidak ingin kecolongan dengan aksi pelaku kejahatan. “Jika saat sterilisasi kita temukan, akan langsung diamankan. Kita berharap itu tidak terjadi, apalagi pada momen kegiatan ini,” jelas dia. Untuk sterilisasi ini pun, kata dia, hanya dilakukan saat pembukaan dan penutupan.

“Ketika ada tamu VIP maka perlu kita lakukan sterilisasi untuk antisipasi bom,” kata dia. Sedangkan untuk pengamanan saat pembukaan, Bastian menyebutkan ada 450 personil yang dilibatkan, mulai dari Polres Singkawang, Brimob Kota Singkawang, Kodim 1202/Skw, Satpol PP Kota Singkawang, pemadam kebakaran, Dishubkominfo dan Pemuda Pancasila. “Jumlah itu sudah termasuk pengamanan lalu lintas, ini kita lakukan saat pembukaan serta penutupan,” ujar dia. Sedangkan pengamanan ketika acara berlangsung, ujar Bastian, bersifat flesibel yakni menyesuaikan dengan tingkat keramaian masyarakat pada tempat-tempat acara digelar.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang, Awang Ishak didampingi para Asistenserta beberapa kepala SKPD dan Panitia meninjau langsung pelaksanaan persiapan terakhir pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) VII Kalimantan Barat di Stadion Kridasana, Minggu (20/10) malam. Persiapan terakhir langsung dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Singkawang, Syech Bandar didampingi Plt Kepala Dinas Disbudparpora, Lies Indari serta pelatih tari. Susunan acara yang akan dilangsungkan selama pembukaan pada Senin (21/10) malam, satu persatu secara berurutan seluruhnya  dilaksanakan.

Wali Kota juga melihat langsung bagaimana persiapan dari kelompok Marching Band dari Taruna Program Studi IP. Termasuk kesiapan dari sekitar 500 penari yang akan membawakan tarian bertemakan Gema Lonceng Pesparawi. Meskipun sempat gerimis, latihan secara keseluruhan dilaksanakan dengan khidmat. “Semua susunan acara yang akan dilaksanakan dalam pembukaan, harus benar-benar dilaksanakan secara keseluruhan,” kata Bandar menyemangati seluruh penari maupun pihak yang terlibat dalam pembukaan Pesparawi. Dalam kegiatan Pesparawi yang bertemakan Mazmurkanlah Kemuliaan Namanya, Muliakanlah Dia Dengan  Puji-Pujian ini. Setelah secara keseluruhan peserta yakni sekitar dua ribuan lebih datang ke Singkawang. Pada Minggu (20/10) sesuai jadwal dilaksanakan Ibadah Minggu Kotingen.

Panitia pun telah menyiapkan beberapa tempat ibadah, yakni di Gereja Katolik ST. Fransiskus Assissi disediakan bagi kontingen dari Kabupaten Sintang, Ketapang, Kapuas Hulu, Sekadau, dan Kayong Utara. GSJA Singkawang (Sintang), GPIBI Singkawang (Kapuas Hulu), Gereja Sungai Yordan (Kapuas Hulu dan Ketapang), GKE Singkawang (Sekadau), GKKB (Ketapang dan Kayong Utara), Geprin (Kapuas Hulu), HKBP Singkawang (Sintang), GBI Singkawang (Sintang), GPDI Ebenhaezer Kaliasin (Kapuas Hulu), GPDi Shekinah Singkawang (Sekadau), GPIB Singkawang (Sintang dan Sekadau). Jumlah kontingen 701 rinciannya Sintang 170, Landak 102, Ketapang 95 Kapuas Hulu, 162, Sekadau 162 dan Kayong Utara 10.

Kemudian pada senin (21/10) sekitar pukul 16.00 Wib hingga selesai dilaksanakan seminar/workshop di Hotel Dangau  yang dilanjutkan dengan pelaksanaan Ibadah Agung Acara Pembukaan dan diteruskan dengan acara pembukaan Pesparawi VII Kalbar di Stadion Kridasana pada malam harinya, yang rencananya dilakukan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya.(mse/fah)

0 komentar:

Posting Komentar