Minggu, 13 Oktober 2013

40 Catering Terlibat pada Kegiatan Pesparawi

Singkawang, 13/10/2013 (Media Center) Panitia Pesparawi VII Provinsi Kalimantan Barat Bidang Konsumsi mengadakan pertemuan dengan para catering se Kota Singkawang, bertempat di Sekretariat Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Jl. Firdaus, Minggu (13/10).

Koordinator Bidang Konsumsi, Hj. Agustina Abdul Muthalib mengatakan pertemuan tersebut bertujuan untuk mempertemukan panitia Pesparawi khususnya di Bidang Konsumsi dengan pengusaha catering sebagai mitra dalam menyediakan makanan dan minuman, untuk paraa peserta Pesparawi dan panitia.

“Tak kenal maka tak sayang, itulah yang melatarbelakangi kita mempertemukan panitia Pesparawi di Bidang Konsumsi dengan para catering. Dengan pertemuan ini, diharapkan panitia bisa lebih mengenal lebih dekat mitra kerjanya yaitu pengusaha catering, sehingga pada saatnya pelaksanaan nanti bisa terjalin kerjasama yang baik dan harmonis, dan pada akhirnya diharapkan bisa menunjang tercapainya pelayanan yang terbaik bagi peserta Pesparawi VII Tingkat Provinsi Kalimantan Barat” kata Agustina.

Selain untuk perkenalan, koordinasi yang dilakukan juga untuk memberi penjelasan secara tehnis terkait dengan menu makanan, pembagian tugas baik catering maupun panitia, penjelasan lokasi penginapan pada setiap utusan dari Kabupaten/Kota, sekaligus menjelaskan prosedur pelayanan dan pertanggungjawaban.

Hj. Zafina sebagai perwakilan dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Singkawang dalam penjelasannya menyampaikan, para pengusaha catering diharapkan bisa memberikan pelayanan yang terbaaik, mengedepankan kepentingan peserta, bersabar dalam menghadapi setiap permasalahan dan membangun komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak, khususnya dengan pihaak peserta, perhotelan dan panitia.

“demi nama baik Kota Singkawang, diharapkan kita semua bisa menjadi tuan rumah yang baik. Jika dalam pelaksanaan tugas terdapat permasalahan, disikapi dengaan sabar dan diusahakan agar bisa mengendalikan diri” harap Zavina yang juga ketua IWAPI Kota Singkawang.

Secara tehnis Istri Handayani menjelaskan kewajiban-kewajiban dan hak para catering terkait dengan penyediaan makanan bagi para peserta Pesparawi.

“Para Catering diminta untuk bisa memilih bahan makanan yang berkualitas, mengolah makanan dengan benar dengan cara menerapkan system pengolahan dan penanganan bahan makanan sesuai dengan sifat bahan makanan yang diolah, menyajikan makanan dengan memperhatikan kebersihan pribadi, alat dan lingkungan. Tiga Puluh menit sebelum jadwal makan, hidangan harus sudah disajikan” ungkap Istri.

Lebih lanjut Istri yang juga Ketua IKABOGA Kota Singkawang mengungkapkan, dengan adanya kegiatan Pesparawi VII diselenggarakan di Kota Singkawang secara tidak langsung memberi kontribusi positif khususnya dari sisi perekonomian pada masyarakat. Catering yang dilibatkan dalam kegiatan pesparawi tersebut sebanyak 40 Catering.

“Kurang lebih 40 catering dilibatkan dalam kegiatan Pesparawi VII Tingkat Proinsi Kalimantan Barat tersebut. Setiap catering diberi kepercayaan menyediakan makanan dan minuman bagi peserta dan panitia, dengan menu yang sudah ditentukan oleh panitia. Indeks makanan setiap porsinya Rp. 25.000,- untuk makanan berat dan Rp. 10.000,- untuk snack dan minuman  serta buah. Para catering berhak menerima uang sejumlah keputusan panitia tersebut dan mempunyai kewajiban menyediakan makanan dan minuman sesuai pesanan panitia. Indeks tersebut termasuk pajak baik pajak daerah sebesar 8% dan 2% pajak pusat. Selain kewajiban pajak, tidak ada pungutan apa-apa.” Tegas Istri.

0 komentar:

Poskan Komentar